Jumat, 10 Desember 2010

NBC-sebuah hibah bermanfaat

Baca : seorang mahasiswa sedang membaca buku di NBC



Beberapa hari yang lalu Perpustakaan di kampus saya (Kampus B Universitas Airlangga Surabaya) punya spot baru. NBC namanya, Nation Building Corner. Beberapa hari yang lalu tempat ini baru saja diresmikan.

Nation Building Corner adalah sebuah spot yang ada di lantai 3 perpustakaan Kampus B.
Menurut keterangan Pak Slamet, seorang Pustakawan di sini (waktu saya tanya-tanya). NBC dan seluruh isinya ini adalah hibah dari Imam Prasodjo seorang Sosiolog  UI. Hibah ini adalah bentuk kepeduliannya terhadap generasi muda Indonesia agar mereka  selalu mengingat sejarah dan punya kecintaan terhadap negaranya. Pokoknya JAS MERAH- Jangan sekali-kali melupakan sejarah. 

Konsep tempat ini sendiri sangat menarik. Didesain khusus sebagai ruang baca santai atau sebuah corner di mana isinya adalah buku tentang Indonesia dan sejarah Indonesia. Buku-buku tentang tokoh nasional, tentang  masa perjuangan  dan Ke-Indonesiaan banyak  ditemui di sini.Tempat ini menurut saya juga memudahkan mahasiswa mencari literatur sejarah, tanpa harus mengubek-ngubek seluruh perpustakaan. Kata Pak Slamet lagi, sebagian buku-buku belum datang. masih banyak buku-buku lain yang akan dikirimkan dari jakarta . 


Ini buku favorit saya di NBC.  Ensiklopedia Tepian Tanah Air Indonesia. Isinya mengulas 92 pulau terluar di Indonesia yang menjadi batas terluar laut Indonesia. Banyak sekali foto pulau-pulau itu di sini yang membuat kita semakin  cinta Indonesia.:D


:D saya suka banget sama tempat ini, habisnya nyaman banget.
Daripada ruang baca, spot ini lebih mirip dengan ruang bersantai. Buku-bukunya , lantai kayunya, dengan karpet dan bantal-bantal juga, juga LCD tv di sini bikin saya betah berjam-jam dekem di sini :lol:  ngerjain tugas atau baca-baca.

Left side of NBC 






Saat awal peresmian tempat ini masih sepi .  Tapi sekarang  banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya di sini. Terima kasih Bapak Imam Prasodjo yang telah menghibahkan tempat yang sedemikian keren ini. Semoga generasi muda khususnya mahasiswa Universitas Airlangga selalu menjadi generasi yang menghargai sejarah dan mempunyai jiwa nasionalisme tinggi. Benar-benar hibah yang bermanfaat.

Tidak ada komentar: